Tato Yakuza Memiliki Makna Tersendiri

oleh -3 views
Bos Yakuza yang tertangkap di Thailand
Bos Yakuza yang tertangkap di Thailand

Lintaskriminal.co.id – Yakuza, saat mendengar nama itu, tentunya kita langsung diingatkan dengan sindikat terorganisir di Jepang yang sangat kuat dan populer, tidak hanya di negaranya saja, namun sampai ke seluruh penjuru dunia.

Geng besar ini dikenal karena kode perilaku yang ketat dan struktur feodalnya, yang mengingatkan pada Samurai di masa lalu.

Sebagai organisasi Free Man (Preman, red), tubuh anggota Yakuza identik dengan gambar atau tato, kabarnya tato ini bukan sekedar gambar, ternyata setiap tato di badan anggota Yakuza memiliki arti.

1. Tato Ikan Koi

Ikan koi melambangkan keberuntungan dan kesejahteraan. Tidak heran jika banyak anggota Yakuza yang memilih ikan koi untuk digambar pada tubuh mereka.

Dalam cerita tradisional Jepang, ikan koi diceritakan mampu melawan arus sungai dan memanjat air terjun.

Hal ini melambangkan ketekunan dan kerja keras, sama seperti para anggota Yakuza. Ikan koi juga melambangkan persahabatan, seperti kuatnya ikatan antar anggota Yakuza.

2. Tato Naga

Penduduk Jepang menganggap naga sebagai simbol kedermawanan dan pelindung umat manusia.

Untuk itu, para anggota Yakuza banyak mentato tubuhnya dengan gambar naga untuk melambangkan keberanian, kesejahteraan dan kekuatan.

Penggunaan warna juga berpengaruh terhadap arti dari naga yang digambar. Naga hitam menggambarkan kebijaksanaan, naga hijau berkaitan dengan alam, naga emas berarti kebajikan dan naga biru yang artinya kemuliaan.

3. Tato Burung Phoenix

Dalam cerita rakyat, burung phoenix adalah burung mistis yang terlahir dari sisa abunya sendiri.

Seperti saat kelahirannya, tato burung phoenix melambangkan kelahiran kembali dan kemenangan. Filosofi ini cocok untuk para anggota Yakuza yang akan selalu terlahir kembali dan kegigihan mereka untuk mencapai kemenangan.

4. Tato Samurai

Tato samurai dapat dikaitkan dengan kehormatan, kesetiaan dan keberanian.

Yakuza banyak mengambil nilai-nilai dari seorang Bushido dan menganggap mereka adalah pelindung tradisi Jepang kuno.

Akan tetapi ada yang mengatakan bahwa hal tersebut tidaklah benar. Sebab konon terdapat cerita yang mengabarkan bahwa Yakuza memiliki hubungan yang tidak baik dengan samurai.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, beberapa prajurit samurai memilih untuk bergabung dengan Yakuza.

5. Tato Bunga Sakura

Dalam budaya Jepang, bunga Sakura memegang peranan yang cukup penting.

Kehadiran bunga sakura yang sebentar melambangkan kehidupan manusia, yang dalam kepercayaan tradisional Jepang tidak lebih dari rumput yang mengambang di arus yang mengalir di air deras.

Setiap tahunnya, masyarakat Jepang mengadakan hanami atau melihat bunga sakura sambil mengadakan pesta kecil. Hal ini melambangkan hidup yang cuma sebentar namun penuh warna.

 

Sumber : Internet

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.