Terima Putusan MA, Tim Tabur  Amankan Terdakwa Asusila yang Sempat Dinyatakan Bebas

oleh -23 views

RIAU (LK) – Terima petikan Putusan Mahkamah Agung (MA) dengan Nomor: 3847K/Pid.Sus/2021, Tim Jaksa Eksekutor Pidana Umum dibantu oleh Tim Tangkap Buron (Tabur) Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan langsung melakukan eksekusi terhadap terpidana Delifati Lawolo Alias Ama Kaya (42).

Berdasarkan putusan MA tersebut, Ama Kaya dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan, atau melakukan ancaman kekerasan, memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya.

Kasi Intelijen Kejari Pelalawan, FA Huzni kepada Lintaskriminal.co.id mengatakan, setelah mendapat petikan Putusan MA pihaknya langsung mencari informasi keberadaan terdakwa, begitu mengetahui terdakwa berada di Desa Pangkalan Tampoi, RT 001/RW 001, Kecamatan Kerumutan Tim turun ke lapangan untuk penangkapan.

“Petikan Putusan MA baru turun, kita langsung mencari informasi keberadaan terdakwa, setelah tahu kita tidak ingin buang-buang waktu dan melakukan eksekusi, tujuannya agar terdakwa tidak melarikan diri,” terangnya.

Dikatakan pria tampan asal Palembang itu, terdakwa asusila terhadap anak di bawah umur tersebut sempat lepas dari jeratan hukum, dimana Pengadilan Negeri Pelalawan memutuskan bahwa terdakwa tidak bersalah. Namun waktu itu Jaksa tidak terima Putusan tersebut dan banding.

“Terdakwa sempat divonis bebas di Pengadilan Negeri Pelalawan, selanjutnya Jaksa mengambil langkah banding, setelah keluar Putusan MA, terdakwa dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana asusila,” ulasnya.

Sementara itu, berdasarkan Putusan MA, menjatuhkan hukuman kepada terpidana  dengan pidana penjara 5 (lima) tahun dan pidana denda sejumlah Rp 60.000.000,- (enam puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama 1 (satu) bulan.

“Terpidana An. Delifati Lawolo Alias Ama Jaya sudah kita antarkan ke Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru, mengenai syarat lainnya terhadap terpidana telah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan swab antigen dengan hasil negatif Covid-19,” pungkasnya.

 

Penulis : Yusman

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.