Kondisi Memprihatinkan,Kapolsek Tapung Evakuasi ODGJ ke Puskesmas

oleh -29 views

Riau,( LK ) — Polsek Tapung Polres Kampar pada hari sabtu telah melakukan aksi heroik.Dimana saat melakukan patroli pengamanan malam natal,Polsek Tapung berhasil mengevakuasi orang dalam gangguan jiwa(ODGJ).Laki laki paruh baya tersebut selanjutnya dibawa ke Puskesmas tapung.

Menurut Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo melalui Kapolsek Tapung Kompol Ihut Majalo Tua,SH MH  menjelaskan bahwa guna pengaman malam natal maka personil Polsek Tapung mengadakan patroli.Patroli tersebut diikuti sejumlah personil dan dipimpin langsung oleh dirinya.

“Patroli yang dilaksanakan pada sabtu pagi(24/12) itu bertujuan guna mengantisipasi dan menciptakan aksi kejahatan dan menjaga suasana kondusif diwilayah Tapung.Para personil diterjunkan untuk menyisir setiap pelosok diwilayah hukum Polsek Tapung.Langkah ini sebagai upaya persuasif dan juga sebagai bentuk memberikan ketenangan bagi umat nasrani dalam menyambut hari raya natal.”

“Saat dalam patroli bersama para personil dijalan raya Pekanbaru- Petapahan atau tepatnya dijalan PU sekitaran kebun PT Jaya Rama Pramukti,dijumpai laki laki paruh baya yang diduga mengalami gangguan jiwa.Saat itu kondisi laki laki ODGJ tergeletak lemas dan kedinginan dipinggir jalan.”

“Melihat ada ODGJ dalam keadaan memprihatinkan tersebut,diperintahkan kepada para personil yang sedang bertugas agar melakukan evakuasi.ODGJ tersebut lalu dibawa personil ke Puskesmas Tapung 1untuk dilakukan penanganan.”

“Begitu sampai di Puskesmas langkah awal yang dilakukan oleh Polsek Tapung adalah memberikan makanan serta pakaian.Pemberian pakaian dan makanan ini sebagai langkah awal dari kondisi ODGJ tersebut.”.

Dikarenakan Puskesmas tidak mempunyai sarana dan prasana yang memadai dalam menangani ODGJ Kapolsek pun berinsiatif untuk membawa ODGJ ke RSJ Tampan diPekanbaru.

Selain itu kapolsek juga memerintahkan pada Bhabinkamtibmas desa Petapahan Jaya  Aipda M.Syafii untuk bisa melacak dan mencari tahu keluarga serta alamat Laki Laki ODGJ tersebut.Aipda M Syafii berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Dimana dari hasil pencarian diketahui ODGJ tersebut benama Simon yang beralamat dijalan Bambu Kuning 12 Pekanbaru.

Kompol Ihut Manjalo tua kemudian memerintahkan anggota Polsek untuk mengantarkan ODGJ ke Pekanbaru.Dalam perjalanan tiba tiba keluarga dari Simon menghubungi pihal Polsek Tapung.Dikarenakan sudah dalam perjalanan pihak polsek lalu melakukan penyerahan pada pihak keluarga di Terminal AKAP Pekanbaru.

“Apa yang dilakukan oleh Personil Polsek tapung juga merupakan salah satu tugas dan kewajiban dari personil Polri.Sebab pada dasarnya tugas polisi bukan hanya melaksanakan penegakan hukum.

Namun yang terpenting adalah bagamana menjadi pelayan bagi masyarakat.Selain itu yang paling terpenting dari langkah presisi Polri adalah bagaimana menjaga keadaan lingkungan bisa kondisif.

Tentu dengan adanya ODGJ yang berkeliaran dan dalam keadaan memprihatinkan,maka sudah jadi kewajiban personil polri untuk melakukan langkah langkah persuasif demi mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan ditengah tengah masyarakat.**

 

Editor : Eman Melayu

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.