Koramil 02/ Kota Dampingi Kelurahan Guna Pendataan Penduduk Terbaru

oleh -9 views

Riau,( LK ) — Babinsa Kota Tinggi Sertu Riko Hidayat turut mendampingi pihak kelurahan dalam melakukan pendataan demografi serta keadaan lingkungan dikelurahan Kota Tinggi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu(4/6).Data ini sangat penting guna mengetahui kondisi masyarakat dan juga kondisi sosial serta lingkungan yang ada di kelurahan kota tinggi.

Dari data itu nanti akan digunakan sebagai data tunggal kependudukan untuk semua kegiatan,baik bantuan,pemilu kada dan lain lainnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris kelurahan Kota Tinggi,Babinsa,Ketua RW 01,beserta para staf dikantor lurah Kota Tinggi Kecamatan Pekanbaru Kota.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut membuahkan beberapa hasil keputusan diantaranya:

1.Untuk masyarakat terpadat terdapat di RW 04 yakni dihuni oleh 616 orang

2.Jumlah Daftar Pemilih Tetap di Kelurahan Kota tinggi berjumlah 3591 orang.

3.Wilayah yang jadi rawan banjir di Kota tinggi adalah RW 03 RT 03.Penyebabnya adalah karena luapan dari Sungai Limau saat hujan.

4.Masyarakat yang kurang mampu yang perlu bantuan sebanyak 5 orang yang rata rata tinggal di RW 02 dan RW 03.

Menurut Sertu Riko Hidayat kegiatan hari ini adalah guna mendata jumlah penduduk terbaru dikelurahan Kota tinggi.Data ini penting untuk memastikan data riil saat ini agar tidak ada lagi tumpang tindih data.

“Sebagai ujung tombak dari TNI ada,dalam menunaikan tugas akan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Babinsa memiliki tanggung jawab penuh dalam pembinaan masyarakat melalui penyuluhan di bidang pertahanan dan keamanan (Hankam) dan pengawasan fasilitas maupun prasarana didaearah binaan.”

Oleh karena beratnya beban tugas dan tanggung jawab tersebut perlu untuk menguasai wilayah binaan.

Tujuan agar nanti saat bertugas bisa mengetahui potensi yang dimiliki wilayah dan juga mencari informasi daerah daerah rawan permasalahan agar bisa dicarikan solusi.”

“Selaku Babinsa tentu sudah jadi kewajiban untuk turut berperan aktif dalam menyukseskan semua program program pemerintah baik pusat dan daerah.”

“Pendataan ini bertujuan sebagai upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien.”

Dari data tersebut nantinya dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan.

Agar data tersebut bisa bermanfaat maka perlu dilakukan pendataan ulang sesuai keadaan saat ini”

“Dari data tadi terlihat berapa banyak masyarakat miskin yang butuh bantuan.

Selain itu juga diperoleh DPT yang berhak memilih saat pemilu dan pilkada nantinya.Tak lupa pendataan juga dilakukan terhadap kondisi daerah,baik kepadatan maupun potensi banjir dan lainnya”.

“Pendampingan dilakukan oleh Babinsa untuk memastikan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan aman.

Masyarakat juga diingatkan untuk memberikan keterangan yang jelas saat didata petugas yang melakukan pendataan agar data yang diperoleh benar benar valid,”pangka Sertu Riko Hidayat.**

 

Penulis : Yulisman

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.