Koramil 02/Kota Ajak Masyarakat Agar Tidak Hidup Boros

oleh -7 views

Riau,( LK ) — Babinsa Sukaramai Koramil 02/Kota meminta masyarakat agar bisa hidup hemat dan gaya hidup sederhana, Berhemat bukan berarti pelit atau kikir, Hemat artinya sesuai segala sesuatu dengan kebutuhan dan jauhkan hidup boros.

Komsos hidup sederhana ini dilaksanakan oleh Kopda Ario Diansyah pada hari Rabu (26/7).Hadir dalam kegiatan tersebut Babinsa Koramil kota,Tokoh masyarakat serta para pengendara ojek online.

Ajakan tentang gaya hidup sederhana ini dilaksanakan Babinsa Simpang Empat diwilayah binaannya.Hidup sederhana ini sesuai dengan pengamalan sila ke lima Pancasila.

Menurut Kopda Ario Ds gaya hidup sederhana adalah sebuah gaya hidup yang menyesuaikan segala sesuatu dengan kebutuhan.

Hiduplah hemat dan penuhi segala kebutuhan sesuai dengan pendapatan, Jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

“Hemat bukan berarti kikir.Karena hemat dan kikir adalah dua hal yang saling bertolak belakang.Masyarakat harus bisa memenuhi kebutuhan hidup bukan gaya hidup.

Sebab jika hanya menurutkan gaya hidup maka tidak akan ada puas puasnya.”

“Saat ini yang terpenting bagi masyarakat adalah bagaimana memenuhi kebutuhan sandang,pangan,papan dan pendidikan anak, Jika semua itu telah terpenuhi maka alangkah lebih baik menabung untuk kondisi kondisi yang mendesak.”

“Menggunakan listrik seperlunya juga bentuk lain dari berhemat.Selain menghindari tagihan yang membengkak juga sebagai bentuk ikut menjaga hak orang lain akan kebutuhan listrik.”

“Hidup hemat dan tidak boros juga adalah pengamalan dari pancasila yang kelima.

Selain itu berlaku hemat juga merupakan budaya nenek moyang yang telah ditanamkan dari generasi ke generasi”

“Gaya hidup sederhana ini juga perlu ditanamkan pada anak sejak dini.Jangan biasakan memberikan uang jajan anak yang berlebihan.

Sebab hal itu bisa disalah gunakan untuk membeli hal hal yang negatif.Berikanlah uang jajan yang sewajarnya, Hal ini sangat penting agar mereka bisa menjalankan gaya hidup sederhana saat dewasa nanti.Bersikap boros hanya akan merugikan diri sendiri,”tutup Kopda Ario Ds.**

 

Penulis : Yulisman

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.