Jadi Narasumber di Acara Dialog Kedaerahan di Kecamatan Bunut, Kapolres Pelalawan Sampaikan Ini

oleh -49 views

RIAU (LK) – Kunjungan Mahasiswa KKN dan Dialog Kedaerahan di Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan, Sabtu (12/8/2023). Kegiatan berlangsung di Gedung Maharajo Dindo Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan dengan Tema “Bersama Mahasiswa mewujudkan masyarakat Riau yang Sejahtera”.

Bertindak selaku Narasumber dalam acara ini adalah Bapak Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH, S.I.K, di inisiasi oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) SUSKA UIN RIAU yang dipelopori Menteri Sosial dan Masyarakat berkolaborasi dengan Mentri Pemberdayaan Desa dan Mentri Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan,

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Intelkam Polres Pelalawan AKP Zul Hendra, Camat Bunut Eri, S.Ag, Kapolsek Bunut AKP Daniel Selamat Nainggolan, S. I. P, Presiden Mahasiswa UIN SUSKA Riau Rafiq Hipnu, Ps. Kanit Provost Polsek Bunut Aiptu Indra Gusti, Ps. Kanit Intelkam Polsek Bunut Aiptu E. Damanik, Ps. Kanit III Polres Pelalalwan Aipda Isromi, Personil Polsek Bunut sebanyak 8 orang, Perwakilan mahasiswa KKN dari UIN Riau sebanyak 30 orang  dan Perwakilan dari Mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadyah Riau sebanyak 15 orang .

Dalam Pemberian materi oleh Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, S.H, S.I.K, dengan judul “Materi Peran Mahasiswa dan Masyarakat Dalam Menjaga NKRI Era 5.0”.

Ia menjelaskan, Era 5.0 merupakan sebuah konsep dimana kehidupan manusia dipermudah dengan adanya teknology dan teknologi merupakan bagian dari manusia itu sendiri.

Selain itu materi  Agent Of Change adalah
Mahasiswa harus menjadi sosok yang berdiri di barisan depan untuk melakukan pergerakkan atau perubahan kearah yang lebih baik.

Iron Stock, dimaksud Mahasiswa menjadi generasi baru yang diharapkan dapat memahukan negaranya

Selanjutnya, Guardian Of Value merupakan Mahasiswa yang mampu menjaga nilai dan menjunjung nilai kepribadian, kebangsaan, dan bermasyarakat yang tinggi dan Moral Force yakni
Mahasiswa harus memiliki nilai karakter yang baik dan sesuai dengan intelektualnya.

Kemudian, Social Control merupakan Mahasiswa berhak memiliki atau melakukan kontrol kepada hal yang bertentangan dengan nilai kepribadian yang  seharusnya diterima oleh masyarakat.

Terakhir, Kontrol Politik merupakan Mahasiswa dinilai sebagai sosok anak muda dengan idealisme kuat dan pemikiran netral yang belum terpengaruh dengan kepentingan politik.

Untuk Kolaborasi Mahasiswa dan Masyarakat dalam menjaga NKRI pada Era 5.0, yakni secara bersama meningkatkan kepedulian dalam harkamtibmas seperti pembangunan security system yang mengimplikasikan teknologi informasi.

Lebih selektif dalam penerimaan serta sharing berita/informasi yang belum diketahui kebenarannya. Selalu mempertimbangkan segala aspek kehidupan dalam penanganan konflik sosial guna menemukan win solution dan secara bersama meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui update informasi yang faktual dan dapat dipercaya seperti pergelaran seminar, FGD, Sosialisasi dengan menghadirkan narasumber yang kompeten.

“Menciptakan situasi yang Harmoni dengan mengedapankan sikap tolransi beragama, musyawarah untuk mufakat serta selalu berpegang,
teguh terhadap Ketuhanan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

Tidak lupa,  Kapolres Pelalawan juga menyampaikan “Slogan Harmoni Polres Pelalawan” yang diartikan, sebagai berikut.

H => Mengutamakan sikap, Sopan santun dan tidak arogan
A => Setiap Tugas selalu dapat dipertanggung jawabkan.
R => Selalu mereapon dengan cepat adap permasalahan
M => Ahli di bidangnya/profesional sesuai tupoksi masing-masing
O => Selalu yakin hal kebaikan dalam tugas
N => Menjunjung etika moral, norma hukum dan budaya masyarakat lokal
I => Selalu berlandasan dengan iman dan taqwa kepada Allah, SWT/Tuhan Yang Maha Esa.

Kegiatan tersebut berakhir sekira pukul 16.00 WIB dan selama giat berlansung situasi terdapat dalam keadaan aman terkendali.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.