Babinsa Sukaramai Laksanakan Komsos Tentang Antisipasi Bencana Alam

oleh -17 views

Riau,( LK ) — Babinsa Sukaramai Koramil 02/Kota Pelda Adi Yusuf dan serda Robert Sitorus melakukan komsos dengan warga binaannya, Komsos yang dilaksanakan pada hari Minggu (17/9) bertujuan untuk mengantisipasi bencana alam, Antisipasi yang tepat akan bisa menghindari kerugian yang lebih besar.

Komsos bagi masyarakat Kelurahan Sukaramai ini diadakan dijalan Muslimin.Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Babinsa,Bhabinkamtibmas,Ketua RT,Ketua RW,Tokoh masyarakat,dan warga binaan.

Menurut Pelda Adi yusuf langkah cepat dan tepat sangat diperlukan dalam menghadapi bencana alam.

Untuk itu sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,seorang Babinsa harus bisa memberikan pengetahuan bagi masyarakat dalam mengantisipasi bencana.

“Bencana alam bisa terjadi akibat ulah manusia, Hal ini disebabkan oleh tangan tangan jahil manusia dan juga kurangnya tanggung jawab dalam menjaga alam.

Menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam menjaga alam harus ditanamkan pada masyarakat.Salah satunya melalui komsos,”ujar Pelda Adi Yusuf.

“Selain itu yang perlu disampaikan adalah bagaimana langkah langkah dalam mengantisipasi bencana Alam.

Salah satunya dengan menghindari membangun rumah dipinggir pinggir sungai.Sebab air meluap potensi longsor akibat arus sungai sangat besar.

Kepada masyarakat juga dihimbau agar tidak membuang sampah kedalam sungai.Sebab hal ini bisa menimbulkan penyumbatan aliran sungai yang bisa menimbulkan banjir.”

Dalam komsos tersebut Babinsa Sukaramai juga menghimbau agar masyarakat tidak melakukan penebangan yang membabi buta di hulu hulu Sungai, Jika memang harus melakukan penebangan maka dilaksanakan dengan tebang pilih.

Tak lupa juga terus gencarkan program Reboisasi.

“Tebang pilih sangat diperlukan dalam pengambilan kayu kayu dihulu sungai.Pohon pohon dihulu sungai adalah salah satu pencegah abrasi.

Untuk lahan lahan yang telah gundul sedapat mungkin harus ditanami pohon kembali, Antisipasi bencana alam harus bisa dipahami oleh seluruh masyarakat.

“Sebab jika bencana terjadi tidak hanya merugikan sekelompok orang tapi akan dirasakan oleh semua pihak,”tutup Pelda Adi Yusuf. **

 

Penulis : Yulisman

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.