Personil 02/Kota Ikuti Donor Darah Dalam Rangka HUT PSMTI

oleh -16 views

Riau,( LK ) — Personil Koramil 02/ Kota Kodim 0301/Pekanbaru melaksanakan kegiatan donor darah, Aksi donor darah ini dalam rangka ikut memeriahkan HUT Paguyuban Sosial Marga Tionghoa ( PSMTI).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Mall Pekanbaru pada hari Selasa (17/10).Ratusan masyarakat juga nampak antusias hadir dalam kegiatan tersebut.

Para personil Koramil 02/Kota juga nampak hadir salah satunya Babinsa Kota Baru Serda Sumarsono, Kehadiran personil koramil 02/Kota sebagai bentuk hadir ditengah tengah masyarakat yang membutuhkan darah.

Selain personil TNI,kegiatan ini juga dihadiri oleh Pengurus PSMTI,Manager Mall Pekanbaru,PMi,Forum Pembauran Kebangsaan (FPK),dan masyarakat.

Menurut Serda Sumarsono disela sela kegiatan menyampaikan aksi donor darah ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan para personil Koramil 02/ Kota.

Hampir setiap bulan ada saja personil koramil 02/Kota yang ikut aksi donor darah.Kegiatan ini juga sebagai bentuk hadir TNI AD ditengah tengah masyarakat.Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk ikut memeriahkan HUT PSMTI.

“Aksi donor darah ini dapat dikatakan sebagai pengamalan sila kedua Pancasila.

Sila kedua yang berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” memiliki makna bahwa Bangsa Indonesia mengakui dan memperlakukan persamaan manusia menurut harkat dan martabatnya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, Melalui Donor darah maka kita telah berbuat adil pada setiap orang yang butuh pertolongan.”

Donor darah atau sumbang darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah.

Donor darah adalah salah satu aktivitas yang banyak memberikan manfaat tidak hanya pada diri sendiri, namun juga kepada seluruh orang yang membutuhkan.

Darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah.”ujar Sertu Riko Hidayat

Selain untuk menyelamatkan nyawa pasien yang sedang membutuhkan darah, pendonor darah juga akan mendapat banyak manfaat. Dengan mendonorkan darah, lanjutnya, dapat mengurangi risiko penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi darah, dan sebagainya”

“Untuk itu mari terus lakukan aksi donor darah untuk membantu saudara saudara kita yang membutuhkan.

Setetes darah dari pendonor dapat menyelamatkan hidup orang lain.**

 

Penulis : Yulisman

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.