Koramil 02/Kota Tekankan Keselarasan Hak Dan Kewajiban Dalam Masyarakat

oleh -17 views

Riau,( LK ) — Pancasila adalah dasar negara yang memiliki nilai nilai luhur didalamnya, Salah satunya adalah kandungan yang ada dalam kedua yakni kemanusiaan yang adil dan beradab, Ini artinya manusia adalah makhluk yang beradab dan memiliki keadilan yang setara di mata Tuhan tanpa ada perbedaan apapun.

Untuk menanamkan nilai nilai yang terkandung dalam sila kedua tersebut Babinsa Simpang empat Koramil 02/Kota Kopda Ario Diansyah gencar melakukan komunikasi sosial.

Salah satunya Saat Kopda Ario melakukan Komsos di jalan Sumatera pekanbaru, Sosialisai tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (1/11).

Komsos ini sangat penting dilakukan agar Penerapan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab dapat memberikan manusia pemahaman dan pandangan terhadap manusia sebagai makhluk sosial pada hakikatnya.

Hadir dalam Komsos tersebut Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RW, Tokoh masyarakat serta petugas pasukan kuning yang hampir tiap hari melakukan pembersihan di jalan sumatera.

Menurut Kopda Ario Ds Pancasila sebagai dasar negara sangat banyak mengajarkan nilai luhur pada kita semua,termasuk mengenai keadilan terhadap semua makhluk tuhan, Jadi kita dituntut untuk tidak diskriminatif pada siapapun juga.

“Nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila ini yaitu persamaan derajat ataupun kewajiban dan hak, saling mencintai, saling menghormati, keberanian membela kebenaran dan keadilan, toleransi dan gotong royong.

“Setiap orang mempunyai hak,namu dalam hak itu juga ada kewajiban yang mesti ditumbuh kembangkan. Antara hak kita juga ada hak orang lain.

“Misalnya masyarakat yang ada dijalan sumatera mempunyai hak untuk lingkungannya dibersihkan oleh para pasukan kuning demi kenyamanan.

Namun kita juga punya kewajiban untuk menjaga kebersihan lingkungan bersama.”

“Meskipun kebersihan jalan sumatera tanggung jawab mereka,namun dengan membuang sampah sembarangan adalah tindakan yang semena mena pada orang lain, Perbuatan semena mena membuat kita tidak adil pada orang lain.”

“Untuk itu selaku makluk sosial kita harus paham akan hak diri dan juga hak orang lain.

Jangan hanya menuntut hak diri tapi hak orang lain jadi terabaikan, Mari sama sama kita bangun sikap adil pada siapapun dan dimanapun agar negara ini tetap aman,damai dan sejahtera,”tutup Kopda Ario Ds.**

. Penulis : Yulisman

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.