Koramil 02/Kota Ingatkan Terus Pupuk Semangat Keadilan Sosial di Masyarakat

oleh -67 views

Riau,( LK ) — Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah sebuah cita cita luhur dari pendiri bangsa, Demi menciptakan keadilan tersebut perlu menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban serta bisa bersikap adil pada sesama dalam segala hal.

Guna memastikan keadilan tersebut bisa berjalan ditengah masyarakat,Babinsa Kota Tinggi terus gencar melakukan Komunikasi Sosial( Komsos ) kepada masyarakat.

Salah satunya Komsos yang dilakukan oleh Serda Serda Sumarsono dikampung Pancasila kelurahan Sumahilang pada hari Jumat (22/12).

Dalam Komsos tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama serta warga binaan di kampung Pancasila.Komsos tentang pengamalan sila ke 5 ini sangat penting agar masyarakat bisa memahami dan menghormati hak dan kewajiban orang lain serta terus menjaga semangat kekeluargaan dan gotong royong dimasyarakat.

Menurut Serda Sumarsono Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan cita cita luhur bangsa, Para pendiri bangsa ingin keadilan itu bisa dirasakan oleh seluruh rakyat dan tumpah darah Indonesia.”Bahkan keadilan sosial itu selain tercantum dalam pancasila juga terdapat dalam pembukaan UUD 1945.Ini jadi bukti penting betapa keadilan itu jadi tujuan dari keberadaan bangsa ini.

“Sikap adil ini harus bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari.Setiap orang harus menerima keadilan baik dalam hal beragama,pendidikan,pekerjaan,kesamaan dimata hukum dan lain sebagainya.

Jadi pada dasarnya makna sila ke 5 memprioritaskan terkait keadilan dan bersikap baik dengan orang lain,Sila ke 5 juga menegaskan untuk memahami hak dan kewajiban sesama manusia dan menentang kekerasan,”ujar Babinsa.

“Sikap ini tentu harus terus dijaga dan dipupuk ditengah masyarakat.Setiap orang harus bisa memperjuangkan keadilan bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.Sebab keadilan adalah hak hak dasar dari setiap manusai.

Selain itu, sebagai manusia kita juga perlu menghargai hak dan kewajiban orang lain.Sebab setiap orang mempunyai hak dan kewajiban masing masing dan harus dilaksanakan secara seimbang,”imbuh Serda Sumarsono.

Dalam komsos tersebut,Babinsa Kota Tinggi juga masyarakat menjauhkan sikap deskriminatif dalam pergaulan.

“Bersikap adil berarti setiap orang tidak boleh menerima sikap deskriminatif dan pengelompokan, Jadi dalam pergaulan kita tidak boleh memilah milah setiap orang berdasarkan suku,ras,agama,golongan,stata sosial dan lain sebagainya.

Sebab jika hal itu kita lakukan berarti kita sudah semena mena dan tidak bersikap adil pada orang lain,”lanjut Babinsa.

“Dalam semangat kebangsaan dan nilai nilai nilai luhur bangsa semangat kekeluargaan dan gotong royong sangat dijunjung tinggi.

Nilai nilai inilah yang harus tetap tertanam dalam hati sanubari anak anak bangsa.Apalagi dalam era globalisasi saat ini,dimana budaya budaya asing begitu cepat masuk ke setiap sendi sendi bangsa.Jika tidak terus ditanamkan maka dikhawatirkan nilai nilai keadilan ini akan luntur”.

Serda sumarsono juga berharap masyarakat bisa menghargai setiap karya orang lain.Dilain sisi bersikap adil adalah menjauhi perilaku hidup boros dan bermewah mewahan

“Dalam keadilan berarti juga setiap orang harus bisa menikmati setiap hasil pembangunan yang terjadi.Setiap orang harus bisa menghargai karya orang lain serta terus bahu membahu membantu hidup orang lain”.

“Keadilan sosial juga mengharuskan kita untuk menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menjaga hak hak orang lain.Kita tidak boleh hanya menuntut hak saja tampa mau menunaikan kewajiban.

Sebab dalam hak harus ada kewajiban sebab dengan menjalankan kewajiban berarti telah menjaga hak orang lain.

Hindari menggunakan hak pribadi yang memaksa atau menindas hak orang lain, Keadilan juga berarti tidak menggunakan hak milik yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.”

“Jadi secara garis besarnya bahwa Pancasila sila ke 5 mengedepankan sikap luhur, adil, seimbangnya hak dan kewajiban, menghormati orang lain, saling menolong, tidak memeras,tida boros dan bergaya mewah,tidak merugikan kepentingan umum, mau bekerja keras, menghargai orang lain, dan aktif berkegiatan untuk memajukan pembangunan”,pungkas Babinsa.**

 

. Penulis : Yulisman

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.