Kapolda NTB: Tindak Tegas Pelaku Kriminal di Mandalika

oleh -70 views
Kapolda NTB, M Iqbal
Kapolda NTB, M Iqbal

NTB (LK) – Beberapa catatan penting menjadi perhatian Polda NTB dalam pengamanan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika. Di antaranya kasus kriminal serta penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

”Kita buat tim patroli untuk mencegah terjadinya kriminal dan penerapan protokol kesehatan di wilayah KEK Mandalika,” kata Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal, Jumat (5/11).

Tim patroli itu gabungan dengan anggota TNI. Mereka di bawah kendali Ditsamapta Polda NTB. Mereka akan berkeliling patroli pada jam-jam tertentu. “Bila perlu anggota TNI-Polri berboncengan saat berpatroli,” ujarnya.

Patroli dilakukan secara bergiliran. Dimulai dari jam-jam rawan terjadinya tindak kriminal. Dengan begitu pelaku tindak kriminal diyakini bakal tiarap.

Jika para pelaku kriminal nekat beraksi, kapolda memerintahkan anggotanya mengambil tindakan tegas. Itu untuk memberikan efek jera kepada pelaku. ”Jangan sampai saat pelaksanaan event muncul aksi kriminal. Itu yang kita antisipasi,” tegasnya.

Personel yang berpatroli akan dilengkapi senjata lengkap. Kendati demikian, mereka diminta tetap menerapkan pendekatan persuasif. Mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungannya dari tindak kriminal.

Saat berpatroli, petugas juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menerapkan prokes. Sehingga mereka terhindar dari penyebaran Covid-19.

Iqbal menyampaikan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah memberikan catatan terkait penerapan prokes saat penyelenggaran PON XX/Papua. Penerapan prokes pada penyelenggaraan multievent olahraga tersebut dinilai sangat buruk. ”Jangan sampai pada penyelenggaraan event ini dinilai sama (seperti di Papua),” tekannya.

Terkait itu, Iqbal mengatakan fungsi intelijen juga dimaksimalkan. Setiap ada potensi gejolak harus diantisipasi. ”Jangan sampai hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi,” perintahnya seperti yang dikutip dari MSN.com

Semua anggota harus menjalankan tugas dengan maksimal. Karena ini merupakan event internasional. Yang dipertaruhkan adalah nama baik Indonesia. ”Pengamanan harus maksimal. Pelaksanaan harus sukses,” tegas jenderal bintang dua itu.

Dia berharap dengan adanya keterlibatan masyarakat yang memiliki kesadaran tinggi untuk menyukseskan event tersebut bisa memberikan kontribusi positif. ”Mari kita sukseskan bersama event ini,” ajaknya.

Editor : Yusman

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.