Jaga Wilayah Perairan, Bea Cukai Gandeng TNI dan Polri

oleh -59 views
Patroli Bea Cukai
Patroli Bea Cukai

JAKARTA (LK) – Tingkatkan pengawasan di wilayah perairan, Bea Cukai lakukan sinergitas bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman Hermansjah kepada wartawan mengarakan bahwa sinergi dengan TNI dan Polri tersebut mutlak dan sangat perlu dilakukan.

“Pengawasan harus terus dilakukan, hal ini untuk mencegah adanya pelanggaran hukum, apalagi Wilayah perairan Indonesia sangat luas,” terang Firman.

Lebih lanjut, Firman menyebutkan beberapa waktu lalu pihaknya melakukan sinergi dan koordinasi Kepolisian Air dan Udara (Polairud) dalam pengawasan laut di Tanjung Perak .

“Terutama untuk mencegah pelanggaran hukum, kemudian Koordinasi ini dilakukan sebagai sarana peningkatan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan pengawasan bagi instansi yang berwenang di wilayah perairan,” paparnya.

Dicontohkannya, untuk wilayah Makassar, Bea Cukai juga telah menjalin sinergi dan kerjsama dengan Polairud lewat pelaksanaan apel gabungan patroli laut terpadu Jaring Wallacea.

Sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya tidak lain ditujukan untuk dapat bersama menjaga laut Indonesia demi kemakmuran dan melindungi rakyat Indonesia dari ancaman tindakan melanggar hukum.

Tidak hanya itu saja, koordinasi juga telah dilakukan Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur bersama dengan TNI AL dan Polairud khusus wilayah Tarakan dan sekitarnya.

Terakhir, dengan adanya koordinasi dan sinergi tersebut Firman berharap kegiatan pengawasan di wilayah perairan, khusunya di laut dapat berjalan lebih efektif.

“Kegiatan ini berdasarkan arahan menteri keuangan, agar kekayaan maupun hak negara terhindar dari kejahatan seperti tindakan penyelundupan dapat terwujud,” pungkasnya.

Penulis : Riz
Editor : Yusman

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.