Air Mata Menetes Saat Kaswandi Irwan Meninggalkan Polres Pelalawan

by -582 views
AKBP Kaswandi Irwan mengalungkan bunga pada Kapolres Pelalawan, AKBP Muhammad Hasyim Risahondua
AKBP Kaswandi Irwan mengalungkan bunga pada Kapolres Pelalawan, AKBP Muhammad Hasyim Risahondua

RIAU, Lintaskriminal.co.id – Dalam setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan, apalagi dalam tubuh instansi Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dimana mutasi dianggap sebagai hal yang biasa, terutama dalam perpindahan tanggung jawab dan area, selain itu mutasi juga untuk meningkatkan kinerja dalam rangka pembinaan karier.

Akan tetapi suasana yang tidak diinginkan sepertinya terjadi di Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Pelalawan, dimana prosesi Pedang Pora Jabatan Kapolres Pelalawan pada Jumat (27/9) dihiasi dengan air mata.

Pantauan Lintaskriminal.co.id, ratusan personil Polres Pelalawan seakan tidak mengiginkan AKBP Kaswandi Irwan, SIK untuk meninggalkan posisi tersebut, tapi apalah daya, Jabatan yang dipangkunya selama 2 tahun 5 bulan itu harus ia lepas dan menduduki jabatan baru di Polda Jambi sebagai Wakil Direktur Reserse Narkoba.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1998 dengan tiga orang anak dan satu orang istri itu memang dikenal personil Polres Pelalawan sebagai pimpinan yang bijaksana, rendah hati, mudah bergaul, selain itu ia juga dikenal sebagai sosok yang bertanggungjawab.

“Saya mengenal Pak Kapolres (Kaswandi Irwan, red) dengan baik, Beliau merupakan sosok pimpinan yang rendah hati dan bertanggungjawab penuh,” ujar salah seorang Personil Polres Pelalawan kepada Lintaskriminal.co.id

Diceritakannya, meski telah menerima jabatan baru sebagai Wadirres Narkoba di Polda Jambi, namun sebelum upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab), Kapolres yang juga dikenal dekat dengan masyarakat itu tetap berjibaku untuk memadamkan api di beberapa lokasi di Pelalawan.

“Saat itu saya sempat bertanya kepada Beliau mengapa masih turun ke lapangan untuk memadamkan api, kepada kami yang ikut, Beliau mengaku masih memiliki tanggungjawab untuk pekerjaan tersebut,” ulasnya.

Mengenai isak tangis saat pergantian Kapolres tersebut Personil yang tidak ingin disebutkan namanya itu mengaku memang sangat merindukan sosok seperti Kaswandi Irwan.

“Seluruh personil Polres Pelalawan tentu sangat merindukan sosok beliau yang sangat bersahabat dengan bawahannya,” pungkasnya.

Sementara itu, sebelum berangkat meninggalkan Mapolres Pelalawan, mantan Kasubdit I Direskrimsus Polda Riau itu berpesan pada seluruh anggotanya untuk terus berbuat di tengah masyarakat.

“Terus terang saya sedih harus berpisah dengan kalian, tapi ini perpisahan karena jabatan. Pesan saya buatlah dirimu berarti, meski kita bukanlah manusia yang sempurna, tetapi buatlah dirimu berarti,” ujar Kaswandi dalam sebuah acara.

Disisi lain, kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Pelalawan, Kaswandi Irwan mengucapkan terima kasih banyak atas segala bantuan yang telah diberikan selama dirinya bertugas di ‘Negeri Amanah’ itu.

“Dengan berakhirnya tugas dan tanggung jawab sebagai Kapolres Pelalawan, Perkenankan saya beserta keluarga mohon diri dan terima kasih atas segala bantuan dan kerjasama yang diberikan selama ini,” pungkasnya.

* Kaswandi Sosok yang Dekat dengan Masyarakat

Bertugas sebagai Kapolres Pelalawan kurang lebih 2,5 tahun, Kaswandi Irwan telah membuat sederet kesan baik kepada warga. Sehingga saat Kaswandi dimutasi, warga pun mengaku sangat kehilangan.

Bagaimana tidak, meski berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), namun hampir seluruh masyarakat Pelalawan mengenal baik Kaswandi karena dianggap bergaul, apalagi beliau sering duduk bersama warga di pinggir jalan, atau sekadar ngopi di warung-warung.

Sederet kegiatan dan aksi sosial juga sering dibuatnya bersama dengan organisasi, bahkan Kaswandi juga sering memberikan bantuan kepada warga.

Saat warga kemudian tahu Kaswandi pindah tugas menjadi Wakil Direktur Reserse Narkoba di Polda Jambi, banyak orang mengaku kehilangan dengan Kapolres Pelalawan ini.

Bahkan di media sosial seperti Facebook dan Whatsapp, banyak warga yang membuat history selamat bertugas di jabatan baru untuk Kaswandi Irwan dan mendoakan agar ia bisa kembali lagi bertugas di Riau.

“Selamat bertugas di tempat yang baru sahabatku Pak Kapolres Pelalawan, semoga cepat kembali ke Riau,” tulis Yahya di history Facebook nya.

“Selamat bertugas di tempat yang baru bang AKBP Kaswandi Irwan, kedatanganmu ke Kabupaten Pelalawan kami nantikan selalu,” tulis Heru di berandanya.

“Doa terbaik untuk Bapak Kaswandi Irwan dari Kami Masyarakat Kabupaten Pelalawan, Semoga Bapak Semakin Sukses dan jangan lupakan kami,” tulis Rina di laman facebook.

 

YUSMAN

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *