Aktivitas Ilegal Loging di Teluk Binjai Resahkan Masyarakat

by -173 views

RIAU (LK) – Masyarakat Desa Teluk Binjai mulai resah dengan adanya aktivitas Illegal Loging dan bongkar muat kayu yang terjadi di sejumlah titik di sepanjang bantaran Sungai Kampar, kawasan Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Selama ini masyarkat teluk binjai enggan untuk berbuat. Hal ini semata-mata dikarenakan pelaku illogĀ  tersebut merupakan warga yang mencari penghidupan sehari hari, namun mereka mendapatkan modal dari orang orang luar.

Atas keresahan tersebut, pada hari Senin tanggal 21 September 2020 bertempat di Balai Serbaguna Kantor Desa Teluk Binjai Kecamatan Meranti, Kepala Desa Teluk Binjai, Samsuir bersama-sama dengan aparat pemerintah Desa, mulai dari tingkat Kadus, RT, RW, dan tokoh masyarakat berkumpul dan berdiskusi terkait permasalahan aktivitas bongkar muat illegal logging di Kawasan Desa Teluk Binjai.

Aparat pemerintah Desa Teluk Binjai beserta aparatur Desa dan elemen masyarakat menolak dengan keras aktivitas illegal loging dan bongkar muat kayu illog di Desa Teluk Binjai demi kelestarian hutan untuk anak cucu masyarakat di masa yang akan datang.

“Kita telah berdiskusi dan ke depannya akan mengambil langkah-langkah antisipatif, seperti pemasangan spanduk penolakan di titik-titik bongkar muat illog,” kata Samsuir.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait, di antaranya Camat Teluk Meranti, Kapolsek Teluk Meranti, Kapolres Pelalawan, dan pihak BKSDA terkait proses hukum terhadap aktivitas illog di Desa Teluk Binjai,” imbuhnya.

Pihak aparat Desa Teluk Binjai dan elemen masyarakat ke depannya juga akan melakukan pengecekan dan menegur secara lisan kepada pelaku aktivitas bongkar muat illog. Pemerintah Desa mengharapkan semua instansi juga dapat bersinergi dengan baik, bersama-sama memberantas aktivitas illegal logging di Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, demi kelangsungan hidup anak cucu masa depan.

Penulis : Jer

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *