Ancaman Hukuman 5 Tahun Lebih, Tersangka Pelecehan Mahasiswa UNRI Belum Ditahan

oleh -27 views
Pelecehan Ilustrasi
Pelecehan Ilustrasi

RIAU (LK) – Meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau, namun Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau, Syafri Harto masih belum ditahan.

Padahal, terhadap tersangka pihak kepolisian sudah memberikan pasal berlapis atas perbuatannya itu, begitu juga dengan ancaman hukumannya berada di atas 5 tahun penjara.

Adapun pasal dimaksud adalah 289 dan Pasal 294 ayat 2 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Tak menutup kemungkinan penyidik bakal menahan dosen terlibat perbuatan cabul atau pelecehan seksual itu setelah diperiksa nanti.

Terkait hal tersebut, Noval Setiawan, pengacara yang mendampingi korban L dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pekanbaru mendesak pihak penyidik agar segera melakukan penahanan terhadap tersangka.

Sebab, dengan tidak ditahannya tersangka, maka Noval khawatir tersangka berusaha menghilangkan barang bukti. Apalagi status Syafri belum dinonaktifkan oleh Rektor Universitas Riau sehingga masih punya akses di kampus.

“Tersangka bisa saja menghilangkan barang bukti, ditambah lagi dengan status dosen yang masih aktif,” terang Novak.

Tidak sampai disitu saja, Noval juga mengkhawatirkan bahwa tersangka akan melarikan diri. Ataupun melakukan perundungan terhadap korban.

Hal ini juga terkait dengan statemen dari dua kuasa hukum tersangka yang tega menuding korban terlibat dengan prostitusi online.

Di sisi lain, Noval menyebut korban masih dalam pemulihan psikis. Korban disebutnya masih trauma atas kejadian pelecehan seksual saat bimbingan skripsi sehingga butuh pendampingan psikiater.

“Kita mendorong dan berharap pihak kepolisian melalui penyidik dapat dengan segera melakukan penahanan terhadap tersanga,” pungkasnya.

Penulis : Ben
Editor : Yusman

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.