Antisipasi Covid-19, IWO Riau Minta Gubri Tinjau Anggaran Kerjasama Media

oleh -117 views

RIAU (LK) – Terkait himbauan Gubernur Riau Syamsuar, agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut aktif mengkampanyekan antisipasi penyebaran covid-19. Ikatan Wartawan Online (IWO) Riau juga minta Gubri meninjau anggaran kerjasama media yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 19 Tahun 2021.

Menurut Ketua PW IWO Riau, Kavilah Sumarito, berdasarkan aturan yang diterbitkan itu, Gubri tidak peduli terhadap kelangsungan pekerjaan seorang jurnalis atau wartawan yang bekerja di perusahaan pers. Yang mana pers turut serta dalam kampanye antisipasi penyebaran covid-19 ke tengah masyarakat.

“Masa Pendemi Covid-19 ini, kita sama-sama tahu dan merasakan perekonomian yang menurun, termasuk media atau perusahaan pers. Untuk itu, kita minta Gubri dapat meninjau ulang anggaran kerjasama media dan juga Pergub No 19 Tahun 2021,” terang Ketua IWO Riau Kavilah.

Ditambahkan Ketua IWO Riau Kavilah yang juga merupakan Pimpinan Redaksi di media online jalanmerahtv.com bahwa, kebijakan Gubri untuk mensosialisasikan antisipasi covid-19 ini tak terlepas dari peran aktif media massa yang turut memberitakan dan diketahui masyarakat.

“Untuk itu, Gubri tinjau lah kembali anggaran kerjasama media di OPD itu, saat ini banyak perusahaan pers yang kena imbas penurunan perekonomian saat ini,” ujar Ketua IWO yang akrab disapa Vila itu.

Lebih lanjut, Vila mencontohkan anggaran publikasi yang turun drastis di sekertariat DPRD Riau. Yang mana saat ini nilai kerjasama publikasi di DPRD Riau turun drastis, akhirnya anggaran yang kurang memadai tersebut berdampak pada pers.

“Anggaran publikasi di DPRD Riau contohnya, pada tahun 2020 lalu anggaran advetorial sekitar Rp2.750.000, dan saat ini turun menjadi sekitar Rp.585.000. Hal ini tidak tertutup kemungkinan akan berlaku di seluruh OPD di Riau, termasuk di ditingkat Kabupaten dan Kota nantinya,” tandas Vila.

Dikatakan Vila, dalam mensosialisasikan penanganan dan penanggulangan wabah Covid-19, tentunya pemerintah membutuhkan media, sementara kebutuhan yang yang dianggarkan untuk media malah diperkecil, hal itu tentunya akan berlawanan dengan program pemerintah.

Sumber : PW IWO Riau
Editor : Yusman

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.