Bencana …BRT Berikan Orientasi Kepada Relawan 

by -213 views
SUMBAR,( LK ) —- Bukittinggi Recue Team (BRT) berikan orientasi dan pembekalan kepada anggota baru di Kantor Lurah Manggis Gantiang, Minggu (10/11) sekira pukul 09:00 wib.
Ketua BRT, Agusrizal menjelaskan, orientasi dan pembekalan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada para relawan baru, bagaimana upaya mengantisipasi kerugian materil dan kerugian jiwa saat terjadi bencana. Karena tidak semua orang bisa melakukan upaya pencegahan saat bencana terjadi.
“Kami ingin para relawan dapat bekerja maksimal saat berada di lokasi bencana atau musibah. Jangan sampai, saat kejadian, relawan kita yang diselamatkan. Harusnya kita yang membantu korban yang terdampak. Untuk itu, standar operasional nya harus kita sampaikan dulu, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan,” jelas pria yang akrab disapa Boris itu.
Selain itu, lanjut Agusrizal, dalam orientasi dan pembekalan itu, juga dijelaskan tupoksi dari BRT. “Kita kenalkan apa itu BRT, sistem kerja, aturan dan kode etik relawan, baik saat melaksanakan operasi ataupun tidak sebagai anggota BRT,” tegasnya.
Saat ini terdaftar sebanyak 40 relawan aktif di BRT. Sedangkan anggota baru yang telah mendaftar sebanyak 56 relawan dan siap membantu korban terdampak bencana, baik saat maupun pasca bencana ataupun musibah terjadi.
Liputan : Juliana
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *