Camat Tampan Hj.Liswarti Resmikan Dua Unit IPAL

by -149 views

RIAU,( LK ) — Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah selesai dibangun di kecamatan Tampan Kelurahan Tuah Karya RT 04/ RW 13, Minggu (15/12/19).

Camat Tampan Hj Liswarti saat meresmikan pembangunan 2 unit IPAL yang menampung untuk lebih kurang  50 rumah di kawasan tersebut mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru ia  mengucapkan terima kasih dengan telah dibangunnya IPAL Komunal di beberapa kawasan di Kecamatan Tampan.

“Alhamdulillah,  dari program Sanimas IDB ini telah dibangun di Kecamatan Tampan hingga saat ini. Kita berharap, semoga saja ke depan bisa lebih ditingkatkan lagi, mengingat masih banyaknya air limbah yang masih tidak terkelola di beberapa kawasan kecamatan Tampan ini ,” ucap Liswarti Camat Tampa .

Lanjutnya, dengan adanya bantuan pembangunan IPAL tersebut telah memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kesehatan masyarakat. Hal dikarenakan, saluran-saluran air limbah dari rumah masyarakat akan tertampung secara baik. Di samping itu juga akan menghadirkan limbah air yang baik dengan tidak beracun dan tidak merusak lingkungan masyarakat.

“Maka itu kepada kita semua, mari kita rawat dan jaga IPAL ini dengan sebaik-baiknya. Semoga badan pengelola dari Sanimas ini bersama masyarakat mampu memelihara dan mengatur segala sesuatunya. Sehingga IPAL ini akan tahan dan dapat berfungsi dalam waktu yang lebih lama,” pesan Liswarti.

Disamping itu Camat Tampan juga bersinggah ke masjid Al-furqon yang sedang dibangun di RT 05 yang tidak jauh lokasinya dari lokasi peresmian IPAL sanitasi tadi.

Beliau melihat proses pembangunan yang dikerjakan oleh masyarakat setempat bergotong royong dalam membangun masjid dan rumah tafiz membuat Liswarti tersentuh dan berniat membantu Masjid Al-furqon.

“Saya sangat senang melihat warga disini bergotong royong membangun masjid ini saya minta kepada RT dan RW segera Membuat proposal ini agar saya dapat membantu mencarikan dananya dari Walikota Pekanbaru.” ucap Liswarti

Sebelumnya Masjid Al-furqon Diresmikan wakil Walikota pada tanggal 24 November 2019 yang lalu, tadinya rumah ibadah ini masih berstatus mushala dengan kesepakatan jamaah dan warga sekitar meminta untuk menjadikannya Masjid.

 

Liputan : Rls/EM

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *