Diduga Dalam Rutan Salemba, Beredar Video Asik Pesta Narkoba

oleh -278 views

JAKARTA (LK) – Telah beredar sebuah video pesta sabu di dalam bilik penjara viral di media sosial, dan menjadi perbincangan dimasyarakat di tengah pandemi Covid19. Aksi tersebut pun banyak menduga terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba , Jakarta Pusat, yang dengan tenangnya pesta narkoba itu dilakukan di dalam penjara seperti negara yang tak punya aturan.

Video yang berdurasi sekitar 1.19 detik itu diduga direkam oleh salah seorang napi yang ada di ruangan. Berdasarkan informasi yang beredar di mana ada enam orang penghuni rutan Salemba dengan santainya melakukan pesta tersebut.

Dalam video itu terlihat pria yang berada di posisi kanan dan sambil nongkrong membakar sabu dengan sedotan panjang seperti yang terlihat di dalam video tersebut. Meski di ruangan ada beberapa orang, namun tak ada satupun petugas yang berani mendekat ataupun menegur pesta sabu yang sedang digelar.

Semua napi yang ada hanya duduk santai melihat mereka yang tengah berpesta narkoba tersebut. Ada juga WBP yang sibuk sendiri sambil menghisap rokok dan tak mengenakan baju Sementara beberapa napi terlihat berdiri di depan pintu entah berjaga atau memang tak berani masuk.

Selain viralnya video pesta sabu, berdasarkan informasi yang didapat dilapangan dan sudah beredar di tengah masyarakat, pesta sabu itu juga sudah diketahui petugas Rutan bahkan oleh Plt Karutan Arief Gunawan. Namun bukannya ditindak dalam tindakan tersebut, keenam napi yang adapun malah diduga dimintai pungli senilai Rp5 juta/orang.

Kasus itu pun menambah daftar buruk pengelolaan lapas dan rutan yang ada di DKI. Pasalnya, berbagai masalah sebelumnya telah muncul, seperti pabrik ekstasi yang dibuat napi rutan Salemba, Apotik sabu di Rutan Cipinang, dan tahanan titipan KPK di rutan Salemba yang diduga dipungli Rp200 juta.

Dalam kejadian itu pula, banyak gelombang gerakan massa terus muncul di permukaan hingga saat ini. Di mana kelompok massa meminta Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (kanwilkumham) DKI Liberti Sitinjak untuk mudur. Pasalnya ia tak bisa mengurus bawahannya yang kerap menimbulkan masalah terutama mencopot Kepala Pengamanan Rutan yang mana lalai dalam tugas sebagai tanggung jawab nya.

Kabag Humas dan Publikasi Direktorat Jendral Pemasyarakatan (dijten PAS) Rika Aprianti mengatakan,” bahwa Vidio yang viral tersebut bukan Rutan saremba,” ujarnya saat dikonfirmasi hal tersebut, di Jakarta, Jum’at (29/1/2021).

Sementara itu, Kepala Kanwilkumham DKI, Liberti Sitinjak membantah adanya pesta sabu itu dilakukan di Rutan Salemba. Ia juga mengaku siap bila dilakukan pemeriksaan mendalam.

“Tadi sudah saya cek ke Karutan tidak ada ruangan seperti itu. Tapi terkait hal itu akan saya tindaklanjuti,” Terang Liberti.

 

Penulis : Riski A 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *