Forum Pecinta Alam Bengkalis Gelar Aksi Cabut Paku di Pohon

by -118 views

Riau,( LK ) —- Sejumlah Mahasiswa dan Pelajar yang tergabung dalam Forum Pecinta Alam Bengkalis mengelar Aksi cabut paku, logam atau material yang dipaku ke batang pohon atau biasa disebut tree spiking. Aksi ini memberi pesan bahwa tree spiking akan memberi dampak buruk kepada lingkungan khususnya pohon.

Aksi ini digelar di sepanjang jalan utama kota bengkalis, Jl. Sudirman, Sei. Bengkalis, Jl. Pramuka, Panglima Minal, Gatot Subroto, Cokro Aminoto, Antara. Pusat kegiatan ini berada di Lapangan Tugu Bengkalis, Minggu 09/02/2020 mulai pukul 08.00 wib. Aksi cabut paku ini juga di ikuti oleh seluruh Komunitas Pecinta Alam Bengkalis, Mapala Laksamana Politeknik Negeri Bengkalis, Mapala Bestari STAIN, Mapasties, Sispala Lentera SMAN 2 Bengkalis, Sispala Pusaka SMAN 1 Bengkalis, Sispala Gaspita SMAN 2 Bantan.

“Tindakan spiking ini justru berdampak pada kehidupan pohon. Kekuatan kayu pohon akan berkurang karena pohon mudah terinfeksi penyakit seperti jamur dan bakteri,” kata Azwin yang merupakan ketua panitia kegiatan saat ditemui di lokasi aksi.

Menurut Azwin, pohon akan mudah rusak akibat atau mati akibat tindakan tree spiking.

“Dalam jangka panjang sangat mungkin pohon yang telah melemah akibat logam dan tali mudah tumbang dan cepat mengalami kematian, dan tentunya akan membahayakan manusia,” Oleh karena itu kami berharap kesadaran masyarakat Bengkalis agar tidak memaku di pohon dan menempel pengumuman apapun di pohon karena pohon bukan papan reklame. Apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi musim pilkada sehingga tindakan tree spiking ini akan rawan terjadi. jelasnya.

Forum Pecinta Alam Bengkalis sebagai salah satu gerakan yang berfokus pada isu lingkungan, ingin menjadikan aksi ini sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi terkait tree spiking dengan melakukan tindakan nyata. Diharapkan masyarakat menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak memaku pohon.

 

 

Liputan : Romi

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *