Galian C Tampa Ijin, Bebas Beraktifitas

oleh -558 views

RIAU,( LK ) — Belum lama ini Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar, Yusri, menegaskan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor galian C minim.

Dan bahkan ia saat itu juga menyampaikan bakal menertibkan segala aktifitas galian tanpa izin ini. Bahkan Yusri, menilai dampak dari galian C menimbulkan kerusakan jalan rakyat dan juga lingkungan.

,” Tidak sesuai PAD yang diraih disektor ini ketimbang uang yang dikeluarkan untuk perbaikan dampak dari aktifitas Galian C ini,” kata Yusri waktu itu menyambut aksi demo masyarakat Desa Bukit Ranah.

Fakta, apa yang disampaikan oleh Yusri itu benar. Pemandangan itu bisa dilihat di beberapa desa di Kecamatan Tambang. Diantaranya, dikawasan Desa Kualu, Desa Parit Baru, Desa Terantang dan Desa Padang Luas.

Kini ratusan kendaraan bertonase berat bermuatan galian C semacam pasir dan sertu lalulalang melalui jalan umum. Sehingga jalan-jalan yang diperuntukkan untuk kesajahteraan masyarakat itu mengalami rusak parah.

Seakan tidak ada yang peduli dengan keadaan ini. Baik dari pemerintahan daerah (pemda) Kabupaten Kampar, maupun dari pihak kecamatan Tambang dan juga desa.

Bahkan ucapan yang disampaikan Yusri hingga saat ini juga belum terealisasi. Lemahnya pengawasan dari pihak terkait ini, membuat aktifitas galian C kian hari kian subur dan menjamur di kawasan Kacamatan Tambang.

Diperparah, hampir keseluruhan galian C yang bahan material itu dikuras dasar Sungai Kampar. Mereka diduga beraktivitas tidak menggunakan izin usaha.

Bahkan, tidak sedikit juga lahan-lahan dibibir sungai abrasi. Tidak ada yang dapat berbicara atau menentang aktifitas itu, sebab banyak informasi beredar pemilik merupakan orang punya kekuasaan atau dibekingi.

” Kita selaku masyarakat tidak bisa berbuat apa-apa. Pemilik tempat usaha orang penting. Kami tidak menanggung rasiko. Akan tetapi aturan kan sudah ada kenapa pemda tidak menertibkan. Ada apa ?,” Pungkas salah seorang warga Desa Parit Baru.**

 

Sumber : Suara aktual.co

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.