Ironis, Ombudsman Temukan Sel Napi Koruptor Spesial

by -177 views
Sel Mewah Napi di Cibinong

JABAR (LK) – Shower (alat mandi) dan TV kabel merupakan sebagian dari fasilitas mewah yang ditemukan di Lapas Kelas IIA Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ironisnya, fasilitas yang tergolong ‘wah’ itu hanya dirasakan bagi para napi tindak pidana korupsi (Tipikor) yang menghuni Blok Bravo satu sel satu napi.

Adanya fasilitas untuk Napi Koruptor itu merupakan Hasil Sidak Ombudsman, sementara khusus untuk Sel Napi Kriminal Overkapasitas.

Hal itu diketahui dalam sidak yang dilakukan lembaga pengawas pelayanan publik Ombudsman RI bersama para pewarta dalam momentum Nataru, Sabtu (28/12).

Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala yang memimpin sidak mempertanyakan apa dasar pertimbangan Blok Bravo mendapat fasilitas lebih istimewa dibanding Blok Alfa.

Selain itu, Blok Alfa yang dihuni tahanan napi kriminal bukan hanya tak mendapat fasilitas serupa.

Mereka harus menghuni sel yang hanya sanggup menampung 8 napi namun overkapasitas hingga 25 napi.

“Selama ada pertimbangan monggo (temuan fasilitas sel napi korupsi). Kami sebagai pengawas itu tentu menghargai sebuah keputusan sepanjang ada pertimbangannya,” kata Adrianus.

Ombudsman tidak mempermasalahkan satu sel dihuni satu napi karena itu sudah sesuai aturan standar minimum konvensi dunia mengenai pemasyarakatan.

“Di Indonesia belum mengarah ke sana, kita masih jalan. Jangan karena napi korupsi punya banyak uang lalu mereka bisa begitu. Kalau memang karena faktor usia juga bagus,” urai Adrianus.

Adrianus menambahkan ke depan perlu adanya kepastian bahwa non-napi tipikor dan berusia tua juga bisa mendapatkan hal yang sama menempati satu sel satu napi.

Sember : Tribun
Editor : Yusman

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *