Kapolres Kampar Ajak Mahasiswa dan Pelajar Bijak Bermedsos saat Acara Focus Group Discussion

by -172 views

RIAU,( LK ) —  Jumat sore (25/10/2019), bertempat di Aula Kantor Bupati Kampar digelar Acara Focus Group Discussion (FGD) bersama Forkopimda, Mahasiswa dan Pelajar se-Kabupaten Kampar Riau.

Adapun Tema dan Pembahasan pada FGD ini adalah “Pentingnya Peran Generasi Muda dalam memerangi HOAX dengan menggunakan Media Sosial yang bijak dan cerdas untuk menjaga stabilitas bangsa”.

Acara FGD ini dihadiri Bupati Kampar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Ir. Nurhasani MM, Kapolres Kampar AKBP Asep Darmawan SH, SIK, Ketua PN Bangkinang Unggul Tri Esthi Muljono SH,MH, Dandim 0313/ KPR diwakili Danramil 01 Bangkinang Mayor Inf. Andri, Direktur Politeknik Kampar, Perwakilan dari Universitas Pahlawan T. Tambusai Bangkinang dan STIE Bangkinang.

Juga hadir Ketua PWI Kampar Akhir Yani SE, Ketua IWO Daerah Riau Mirdas Aditya, BEM Mahasiswa se-Kab. Kampar, Perwakilan Mahasiswa dan Pelajar se-Kab. Kampar yang berjumlah sekitar 300 orang.

Kegiatan FGD ini diawali dengan acara pembukaan dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan Pembacaan Do’a.

Berikutnya Kata Sambutan Bupati Kampar yang dibacakan Staf Ahli Bupati Ir. Nurhasani MM, dalam sambutannya ini Bupati Kampar menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan FGD ini yang dinilai sangat bermanfaat.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan acara pokok Focus Group Discussion yang dipandu oleh moderator sdri. Rahmi Utari dari Koordinator BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Riau.

Berikutnya pembukaan secara resmi kegiatan FGD oleh Bupati Kampar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Ir. Nurhasani MM.

Selanjutnya penyampaian materi diskusi oleh Kapolres Kampar AKBP Asep Darmawan SH, SIK, selaku Narasumber pertama, beberapa hal yang disampaikan Kapolres antara lain penjelasan tentang pengertian HOAX atau Pemberitaan Palsu, Karakteristik Hoax serta tujuan Hoax yang salahsatunya adalah menciptakan kecemasan dan ketidakpercayaan masyarakat kepada Pemerintah.

Selain itu Kapolres juga menjelaskan ciri-ciri media penyebar Hoax, cara menyikapi Hoax dan upaya Polri dalam mengantisipasi Hoax serta penanganan kasus Hoax.

Pada kesempatan ini Kapolres Kampar mengajak Mahasiswa dan Pelajar selaku generasi milennial untuk mengantisipasi Hoax dan Bijak Bermedsos, jangan sampai menjadi pelaku yang dapat tersangkut dengan masalah hukum sebagai konsekuensinya, jelas Kapolres.

Selanjutnya penyampaian materi dari Ketua PN Bangkinang Unggul Tri Esthi Muljono SH, MH, tentang antisipasi Hoax dan Proses Hukum terhadap Pelaku Hoax yang termasuk kepada pelanggar Undang-undang ITE.

Pada kesempatan ini Danramil 01 Bangkinang Mayor Andri yang mewakili Dandim 0313/ KPR juga memberikan arahannya tentang bijak menggunakan media sosial.

Berikutnya penyampaian materi oleh Ketua IWO (Ikatan Wartawan Online) Daerah Riau sdr. Mirdas Aditya, yang memberikan penjelasan tentang apa itu Hoax serta cara menyikapinya.

Kemudian penyampaian dari Ketua PWI Kampar sdr. Akhir Yani SE tentang antisipasi agar tidak terjebak menjadi pelaku Hoax dan penjelasan tentang peran Dewan Pers sebagai lembaga pengawas Media Pers.

Materi terakhir disampaikan sdr. Habib Ramadhan dari mahasiswa UIR selaku Utuber asal Kampar, yang menjelaskan tentang penggunaan Medsos untuk hal positif dan antisipasi Hoax.

Usai penyampaian materi oleh semua narasumber dilanjutkan Sesi Tanya Jawab dari Perwakilan peserta (Audiens) kepada Narasumber terkait materi yang disampaikan.

Selanjutnya dilakukan Penandatanganan komiten bersama oleh Forkopimda, Mahasiswa dan Pelajar tentang komitmen memerangi HOAX dan bijak dalam bersosial media, Acara FGD selesai pada pukul 17.30 wib yang ditutup dengan sesi Foto Bersama.

 

Liputan : Rls/EM

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *