*Kelurahan JatiPulo Sigap Terkait Adanya Warga Yang Terpapar Covid19*

oleh -414 views

Jakarta,(LK) —- Hari ini bertambah kasus positif Covid 19 di Kelurahan Jati Pulo setelah dilakukan pengetesan secara bertahap menggunakan rapid tes di Puskesmas Kecamatan Palmerah dan langsung dilakukan perawatan di RSUD Wisma Atlet.

Asal mula penderita positif covid hanya merasakan batuk dan tidak ada gejala lain sampai dilakukan scan paru-paru yang terlihat ada kelainan hingga ditetapkan sebagai positif covid. Positif covid ini tinggal dalam rumah yang berisi lima orang lainnya dan menjadi ODP ( Orang dalam pemantauan ) erat kontak langsung dan harus dilakukan rapid tes agar mengetahui positif atau tidaknya covid 19.

Dalam satu rumah satu orang positif covid maka berpotensi untuk menyebarkan covid 19, dan terus berefek domino bila tidak dilakukan pencegahan seperti isolasi di RSUD Wisma Atlet. Bisa kita bayangkan bila warga Jati Pulo tidak memperhatikan kepeduliannya terhadap penyebaran covid 19 ini dengan tidak menggunakan masker, malas cuci tangan, tidak menjaga jarak, dan tidak menjaga kesehatan ( cuek dan tidak peduli ) yang ternyata positif covid 19 karena tidak ada gejala atau bisa disebut Orang Tanpa Gejala ( OTG ) yang bisa menyebarkan virus itu didalam satu rumah. Seandainya satu rumah lima orang dan terdapat kasus pada 10 RW Jati Pulo maka akan ada 50 Kasus potensi bersamaan pada saat itu yang harus dilakukan isolasi secara aman.

Malam ini pengalaman tim kami bersama Satpol PP melakukan pengantaran rapid tes pertama ke PKC Palmerah lalu dilanjut ke RSUD wisma atlet dimana protokol berlapis dan banyaknya pasien yang dibawa ke sana untuk diisolasi. Artinya apa ? Semakin cepat dan meluas penyebaran covid ini karena kecuekkan dan tidak pemahaman warga kita. Ketika saat bersamaan maka akan ada penumpukan dan kewalahan melayani pasien dengan tenaga kesehatan yang ada.

Kita semua bisa bersama-sama untuk menekan itu semua dengan mengikuti anjuran pemerintah dan tidak menunggu agar ikut dimakamkan dengan protokol covid 19. Kita bisa bersama-sama mengingatkan dan memberikan motivasi bagi keluarga yang terdapat positif covid 19 dengan gotong royong memberikan dorongan bersama-sama agar kuat dan segera sembuh bukan dengan melemahkan dan menjauhi.

Pasien positif covid 19 pertama sampai saat ini sudah bertambah baik dan terus baik hingga sembuh nantinya artinya bisa sembuh. Tapi bukan berarti sembuh kita berharap terkena covid 19 ini dan menunggu untuk sembuh. Ingat ada yang banyak meninggal dan berjuang untuk melawan covid 19 ini.

Berkaitan dengan hal ini Kami menghimbau untuk bisa saling tanggap dari tingkat RT – RW – LMK – Kelurahan didukung Satpol PP, Binmas, Babinsa, Citra, Mitra, FKDM, Karang Taruna, dan Ormas lainnya untuk tanggap dan saling sinergisitas dalam RW mandiri dan pendataan orang tua rentan diwilayahnya agar kita memastikan tidak ada yang terkena covid 19 di Jati Pulo.

Kita perkuat bersama-sama dengan pembentukan satgas dimasing-masing RW dengan monitor wilayahnya agar tertib dengan anjuran pemerintah *Memakai masker, Sesering mungkin cuci tangan pake sabun, berjaga jarak, tetap dirumah, dan menjaga kesehatan* . Berharap anjuran ini terus kita perkuat selama masa tanggap covid 19 di DKI Jakarta.

Hari ini kami juga menghimbau dalam mengajak pelaku usaha untuk mengurangi pelayanan makan ditempat dan memaksimalkan layanan bawa pulang atau antar secara online di seluruh Jati Pulo meminimalisir penyebaran covid 19. Selain itu kami juga akan menampilkan info grafis tempat penyediaan toko bahan pokok, energi, dan toko obat dalam peta sebagai langkah antisipasi kemudahan bagi warga Jati Pulo bila melakukan distribusi layanan antar jemput agar tidak susah kepasar.

Ingat di Jati Pulo dari satu orang yang positif dan hari ini menjadi 6 Orang ditambah beberapa belas orang ODP, PDP, dan OTG. Bersama kita lawan covid di Jati Pulo agar terbebas dari pandemi.

Semoga tidak ada penambahan kasus lagi dan semua warga Jati Pulo sehat, banyak rezeki, panjang umur, dan dimudahkan segala sesuatunya oleh Allah SWT.

Bantu sebarkan dan ingatkan pesan ini ke warga Jati Pulo agar kita bisa saling melengkapi dan antisipasi untuk Jati Pulo Cemerlang.

Salam hangat bagi warga yang selalu di rumah dan menjaga jarak.

Wassalamualaikum wr wb

Senen 6.4.2020 ( Pukul 23:55 WIB )
Lurah Jatipulo

Liputan : Riski A

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *