Musim Mas Dilaporkan Pemdes Betung, Ibrahim Pastikan Tidak Ada Kelebihan HGU

oleh -514 views

RIAU (LK) – Diduga melakukan kegiatan perkebunan kelapa sawit dengan luas sekitar 28 Hektare (Ha) di luar Hak Guna Usaha (HGU), PT Musim Mas dilaporkan Kepala Desa (Kades) Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Darman, SE ke Kepolisian Sektor (Polsek) Pangkalan Kuras, Senin (16/3).

Menurut keterangan Darman, dilaporkannya PT Musim Mas tersebut dikarenakan melanggar UU Nomor 39 tahun 2014 tentang perkebunan dan lahan tersebut sudah ditanami kelapa sawit sejak beberapa tahun silam, lahan dengan luas 28 Ha itu diketahui berada di Desa Betung.

“Berdasarkan data yang sudah kita miliki, kita menduga lahan itu berada di luar HGU, kebetulan lahan itu berada di Desa kita,” terangnya kepada Lintaskriminal.co.id melalui telepon genggamnya.

Lebih lanjut, Darman menyebutkan satu bulan sebelum melaporkan PT Musim Mas ke Polsek Pangkalan Kuras, pihak desa sudah melakukan komunikasi dengan perusahaan, bahkan pihaknya sudah melayangkan surat ke Bupati dan DPRD Pelalawan, namun sayangnya tidak ada tanggapan.

“Tidak ada itikad baik dari pihak perusahaan, tanaman sawit yang diduga berada di luar HGU selalu dipanen, makanya kita laporkan dugaan tersebut kepada aparat penegak hukum,” bebernya.

Sementara itu, Humas PT Musim Mas, Ibrahim kepada Lintaskriminal.co.id membantah lahan yang disangkakan Pemerintah Desa Betung berada di luar HGU itu adalah salah, bahkan ia memastikan seluruh tanaman perusahaan yang bergerak pada perkebunan kelapa sawit itu tidak ada di luar HGU.

“Kita pastikan seluruh lahan PT. Musim Mas berada dalam kawasan HGU, kita tidak pernah tersangkut masalah kelebihan tanam diluar HGU,” tutupnya.

Penulis : Yusman

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *