Pemilik Sabu 2 Kg itu Dituntut 16 Tahun Penjara

oleh -486 views
Rahmat Susanto hanya bisa menunduk saat mendengar tuntutan dari JPU

RIAU (LK) – Pemilik narkoba jenis sabu 2 kilogram, Rahmat Susanto (44) yang ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Pelalawan akhirnya dituntut Jaksa Penutut Umum (JPU) 16 tahun penajara.

Kasus Rahmat Susanto merupakan merupakan salah satu tangkapan ikan kakap bagi Polres Pelalawan selama berdiri untuk kasus sabu.

Namun sangat disayangkan kasus yang disidangkan di Pengadilan Negeri Pelalawan itu hanya dituntut 16 tahun penjara.

Kendati demikian, JPU Kejari Pelalawan, Marthalius kepada Lintaskriminal.co.id mengatakan tuntutan tersebut sudah berdasarkan beberapa pertimbagan.

“Kepada tersangka kita tuntut dengan pasal 112 ayat dua, karena pembeli dan penjualnya tidak ada, maka kita menggunakan dakwaan alternatif,” terangnya.

Tidak sampai disitu saja, tuntutan 16 tahun tersebut berpedoman terhadap Surat Edaran (SE) 013 tahun 2011 Kejaksaan Agung, dimana barang bukti kasus narkotika dari 1.000 sampai 10.000 gram tuntutannya dari 15 tahun sampai 18 tahun.

Selain itu Marthalius juga menerangkan tuntutan itu mengaca pada kasus serupa yang telah diputus sebelumnya.

“Agar tidak terjadi disparitas, kita juga melihat kepada kasus serupa sebelumnya, selain utu kita juga menuntut berdasarkan SE Kejagung,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan Lintaskriminal.co.id, kasus sabu 2 Kg tersebut disidangkan dalam ruang Sidang Cakra PN Pelalawan pada Rabu (27/11).

Sidang dipimpin langsung oleh majelis hakim yang diketuai Nurrahmi SH MH didampingi hakim anggota Rahmat Hidayat Batubara SH MH dan Joko Sucipto SH MH.

Terdakwa Rahmat Susanto dihadirkan untuk mendengarkan tuntutan hukum terhadap dirinya didampingi penasihat hukum dari Pos Bakum PN Pelalawan.

Selanjutnya sidang akan kembali digelar pada Rabu pekan depan dengan agenda pembelaan dari Rahmat Susanto.

Hanya sekedar informasi, dalam sidang kasus narkoba sebelumnya dengan tersanga Renol pemilik sabu 1 Kg juga dituntut JPU Kejari Pelalawan dengan 16 tahun penjara.

Penulis : Yusman

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *