Pemprov Riau Serahkan Bantuan Keuangan untuk Desa dan Kecamatan

by -158 views
Desa di Riau RTerima dana segar dari Pemprov
Desa di Riau RTerima dana segar dari Pemprov

RIAU (LK) – Guna meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau serahkan bantuan keuangan khusus pada desa dan camat se-Provinsi Riau, Jumat (15/11) di Hotel Labersa Pekanbaru.

Dana segar yang diserahkan langsung pada desa tersebut bertujuan untuk memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Riau, Syarifuddin mengatakan besaran bantuan keuangan tersebut bernilai Rp 200 juta untuk setiap desa, sedangkan untuk pemerintahan kecamatan sebesar Rp 100 juta.

“Untuk desa peruntukkannya ada 4 kewenangan desa di antaranya meliputi penyelenggara pemerintahan, pembinaan kelembagaan masyarakat, pemberdayaan ekonomi, dan sarana dan prasarana,” sebut Syarifuddin.

Ditambahkannya, berkas yang diajukan pemerintahan desa dan kecamatan yang ke Dinas PMD Riau hingga tanggal 14 November berjumlah 957 berkas dan seluruhnya sudah diproses.

“Berkas yang masuk ini telah diterima, dan berdasarkan BPKD bahwa bantuan keuangan sebesar 200 juta per desa telah masuk ke kas masing masing desa,” jelasnya.

Lanjutnya, dari berkas yang masuk bahwa besar bantuan keuangan khusus tersebut dialokasikan untuk penyertaan modal dalam BUMDes.

“Ini menunjukkan bahwa desa desa di Riau mendukung program Gubernur Riau dalam mewujudkan percepatan pembangunan desa,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan bahwa hal ini diharapkan bisa mengangkat Riau bagaimana bisa memberdayakan BUMDes yang sudah ada.

“Kita ini harus membangun daerah mulai dari desa pinggir, kalau desa maju kecamatan maju kabupaten maju indonesia maju, kalau desa kita abaikan kapan majunya,” Jelas Syamsuar.

Melalui gerakan ini bisa membangkitkan ekonomi yang ada di Riau sehingga pertumbuhan ekonomi Riau bisa di atas 2,80 persen.

“Jika dibanding Kalimantan Barat Riau memiliki potensi yang lebih baik.Tetapi Kalimantan Barat lebih baik daripada Riau. Dan desa mandirinya pun ada 80 desa. Sedangkan Riau hanya memiliki 10 Desa mandiri,” bebernya.

Kedepan mantan Bupati Siak itu berharap dana tersebut bisa membudayakan dan menggerakkan lagi BUMDes yang ada di tingkat desa saat ini.

“Jika desa maju, kabupaten maju dan kecamatan maju maka otomatis Indonesia juga akan maju,” tutupnya.

Penulis : ROMI

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *