Polres Jembrana Gagalkan Pengiriman Seratus Paket Ganja Di Pelabuhan Gilimanuk

by -137 views

BALI,(LK) — Jajaran Kepolisian Resor Jembrana berhasil menggagalkan pengirimanan Narkotika jenis ganja ke Bali melalui Pelabuhan Penyebrangan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana.

Disamping mengamankan barang bukti berupa seartus Paket Narkotika jenis ganja dengan berat bruto 97.914,0 gram atau netto 97.816,4 gram, Satuan Reserse Narkoba Polres Jembrana yang bekerja sama dengan personil Polsek Kawasan Laut Gilimanuk juga mengamankan empat orang pelaku yang bertindak selaku kurir, pelaku diamankan di Pintu Masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk. Sabtu ( 19/10/2019 ), pukul 01.00 Wita

Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, S.I.K, mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari adanya informasi masyarakat akan adanya pengiriman narkotika dari Jakarta menuju Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk dengan menggunakan mobil pribadi.

“Berbekal informasi dari masyarakat tersebut, Satuan Reserse Narkoba Polres Jembrana bekerja sama dengan Polsek Kawasan Laut Gilimanuk melakukan antisipasi dengan memperketat pemeriksaan terhadap orang, barang dan kendaraan yang hendak masuk Bali”, Ujar Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, S.I.K saat memimpin press release di Halaman Mapolres Jembrana. Selasa ( 22/10/2019 )

Lebih lanjut AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, S.I.K, mengatakan, saat melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan Daihatsu Xenia No. Pol. : DK 1580 OW, yang hendak masuk ke Bali, personil gabungan Satuan Reserse Narkoba Polres Jembrana dan Polsek Kawasan Laut Gilimanuk menemukan empat kardus warna coklat yang berisikan 100 paket daun kering yang diduga ganja, paket tersebut diletakkan pada jok mobil bagian belakang.

Atas temuan tersebut petugas gabungan yang dipimpin oleh Kasat Reserse narkoba Polres Jembrana langsung mengamankan pengemudi dan satu orang penumpang atas nama Herman Pelani (35 ), asal Sumatera Utara dan Umar Saleh Siregar ( 27 ) asal klungkung.

Dari hasil pemeriksaan terhadap kedua pelaku, Satuan Reserse Narkoba Polres Jembrana kembali berhasil mengamankan dua orang pelaku lainnya masing – masing atas nama faisal Ahmad Rangkuti ( 33 ) asal Sumatera Utara dan Rikardo Nainggolan ( 44 ) asal Padang Sumatera Utara, kedua pelaku yang diamankan di daerah kecamatan Melaya saat mengendarai mobil Suzuki Escudo No.Pol. : B 2321 UR, kedua pelaku yang diamankan ini merupakan satu jaringan.

“Keempat pelaku yang diamankan dilokasi yang berdeda ini merupakan satu jaringan, dalam melakukan aksinya mereka terbagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok Jakarta dan kelompok Bali, kelompok Jakarta bertugas mengantar ganja sampai Pelabuhan Gilimanuk, sedangkan kelompok Bali bertugas menerima ganja tersebut di Pelabuhan Gilimanuk untuk di bawa ke Denpasar”, imbuh perwira menegah berpangkat dua melati dipundak tersebut

Selain mengamankan seratus paket ganja, tim gabungan Polres Jembrana juga menemukan dua buah plastik klip yang berisikan kristal bening yang diduga sabu seberat 0,24 gram bruto atau netto 0,10 gram yang dibawa oleh pelaku atas nama Herman Pelani dan Umar Saleh Siregar.

Saat ini keempat pelaku berikut barang bukti berupa seratus paket ganja, sabu, empat buah kardus warna coklat, satu buah kotak rokok, uang tunai Rp. 4.250.000,-, empat buah Hand Phone dan dua unit mobil minibus diamankan di Mapolres Jembrana guna pemeriksaan lebih lanjut.

Ke empat pelaku dijerat dengan pasal 132 ayat (1) Jo Pasal 115 ayat (2) Jo Pasal 111 ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (1) atau Pasal 131 ayat (1) dan Pasal 127 ayat (1) UU RI Nomor 35 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman seumur hidup atau pidana penjara paling rendah lima tahun atau paling lama dua puluh tahun dan pidana denada delapan milyar rupiah. (zed)
Konstribusi

 

Liputan : Rls/ Hariyono

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *