Pungli SMAN 2 Kerinci Kanan Murni Dinahkodai Kepala Sekolah

by -31 views

RIAU (LK) – Pungutan Liar (Pungli) yang dilakukan pihak Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kerinci Kanan, Kabupaten Siak ternyata tidak ada campur tangan dari Ketua Komite dan Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru.

Berdasarkan pengakuan Ketua Komite, Wandi Rudianto kepada Lintaskriminal.co.id, pungutan seragam sekolah dan sumbangan untuk pembelian paving blok itu sesuai dengan permintaan kepala sekolah, sedangkan pihak komite hanya menjalankan permintaan tersebut.

“Kita hanya menanda-tangani surat tersebut, kita tidak tahu kalau seragam sekolah itu termasuk dalam pungli, kalau mengenai pungutan atau pengumpulan dana, kita dari pihak komite sekolah tidak mengetahui,” ungkap Wandi.

Kendati sudah menanda-tangani surat pernyataan bersama kepala sekolah dan ketua PPDB, Wandi mengakui hingga saat ini tidak pernah mengetahui bera orang siswa yang diterima di SMAN 2 tersebut.

“Saya tidak tahu, kemarin kita sempat batalkan pembelian paving blok, tapi kita tidak tahu juga apakah uangnya sudah dikumpulkan atau tidak, karena yang menerima adalah pihak sekolah,” bebernya.

Tidak jauh berbeda dengan Wandi, Azlan M Zen, S.Pd yang menjabat sebagai Ketua PPDB kepada Lintaskriminal.co.id mengaku tidak mengetahui perkembangan penerimaan siswa baru, begitu juga dengan kabar pungutan seragam sekolah dan paving blok.

“Itu sepenuhnya kerjaan kepala sekolah, saya tidak pernah menerima uang satu persen pun,” ujar Azlan.

Lebih lanjut, Azlan mengakui bahwa pungutan seragam sekolah dan berbagai alasan setiap tahunnya dilakukan oleh kepala sekolah, seperti tahun sebelumnya ada pungutan biaya masuk internet. Padahal biaya internet masuk dalam tagihan Dana BOS.

“Silahkan langsung kepala sekolah, saya kemarin tidak masuk sekolah karena Pekanbaru Zona Merah, jadi yang mengambil kebijakan itu adalah kepala sekolah,” pungkasnya.

Sementara itu, ketika Lintaskriminal.co.id menghubungi Kepala Sekolah SMAN 2 Kerinci Kanan, Azmarni, S.Pd sama sekali tidak memberikan jawaban.

Penulis : Yung

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *