Ribuan Warga Antre Naik Hercules, Wamena Mulai Ditinggalkan

by -157 views
Warga antre untuk menaiki pesawat hercules untuk meninggalkan Wamena
Warga antre untuk menaiki pesawat hercules untuk meninggalkan Wamena

JAYAWIJAYA, Lintaskriminal.co.id – Kendati pemerintah sudah menjamin keamanan di Wamena, namun sebagian warga terpantau tetap memilih untuk meninggalkan Ibukota Kabupaten Jayawijaya itu.

Hal ini diketahui dari ribuan orang yang antre pesawat Hercules untuk melakukan penerbangan ke Jayapura maupun luar Papua.

Kepala Detasemen TNI-AU Wamena, Mayor Pnb Arief Jadmiko mengungkapkan bahwa pendaftar penerbangan meningkat tajam dibandingkan dengan hari biasanya, hingga kemarin sore berjumlah 2.589 orang.

Dengan membludaknya jumlah penumpang yang mendaftar, untuk sementara pihaknya tidak akan membuka pendaftaran lagi hingga semua penumpang yang sudahj terdaftar sudah meninggalkan Wamena.

Jadmiko menjelaskan, dari Bandara Kargo Wamena telah diterbangkan Hercules A 1320 yang mengangkut 168 orang. Tujuannya, 91 orang ke Timika, 50 orang ke Biak, 13 orang ke Makassar, dan 14 orang ke Semarang.

Namun, Hercules A 1320 yang berasal dari Skadron 31 Halim Perdanakusuma Jakarta itu harus masuk hanggar setelah menjalankan tugas tersebut karena memasuki masa perawatan.

“Selain itu masih ada pesawat Hercules 1326 dari Skadron 32 Malang yang juga akan melakukan penerbangan tiga kali sehari,” katanya.

Menurut Jadmiko, pada penerbangan pertama Hercules 1326 dengan tujuan Jayapura kemarin, pihaknya lebih memprioritaskan untuk mengangkut ibu-ibu, lansia, dan anak-anak.

Jadmiko mengakui adanya keluhan masyarakat yang sudah mendaftar selama tiga hingga empat hari, tapi tidak kunjung dipanggil terbang. Dia menjelaskan, itu terjadi karena kepadatan penumpang yang tidak sebanding dengan kapasitas pesawat.

Sumber: JPNN

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *