*Sayed Junaidi : soal video Bipang, Jokowi itu Presiden Rakyat Indonesia !*

oleh -75 views

Jakarta,( LK ) — Pidato Presiden Joko Widodo membuat heboh dunia maya usai berpromosi kuliner. Dalam promosinya tersebut, ia menyebutkan sejumlah makanan khas dari sejumlah daerah di Indonesia.

Berkaitan dengan adanya larangan mudik, Presiden Joko Widodo menyarankan untuk membeli kuliner khas daerah secara daring. Ia menyebutkan sejumlah makanan seperti gudeg dari Yogyakarta, Pempek dari Palembang, Bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lainnya.

“Untuk bapak ibu dan saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah,” ujar Presiden Joko Widodo.

Ucapan tersebut rupanya menuai kontroversi karena Bipang Ambawang adalah babi panggang,Hal ini lantaran mudik identik dengan umat Islam, sedangkan memakan babi adalah haram hukumnya.

Ketua Umum Rembuk Nasional Aktifis 98 Sayed Junaidi Rizaldi, menyikapi tentang viralnya video Jokowi yang mempromosikan Bipang atau babi panggang Ambawang tersebut, karena mudik sesungguhnya bukan milik ummat muslim saja, tapi ini tradisi rakyat Indonesia dan kebetulan tanggal 13 mei 2021 nanti adalah Hari Kenaikan Isa Almasih, sedangkan Ummat Muslim memasuki 1 syawal, Hari Raya Idul Fitri, hari raya kemenangan setelah 1 bulan penuh melewati bulan Ramadhan dengan berpuasa, jadi istilah mudik untuk kita semua. “Jadi saya katakan, kita jangan juga terperangkap pada narasi seolah – olah Jokowi harus berbicara tentang ummat muslim saja, tapi ingat Jokowi adalah Presiden rakyat Indonesia, yang terdiri dari bermacam bentuk keyakinan, berbagai macam suku dan bahasa,” tegas lulusan pascasarjana UI ini.

Penulis : Feri

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.