Usai Diperiksa, Kasi Pidsus Kejari Pelalawan Tahan Pelaku Tipikor

by -135 views

RIAU (LK) – Komitmen Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan melalui bidang Pidana Khusus (Pidsus) tidak pandang bulu dalam menindak pelaku Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di ‘Negeri Amanah’ nampaknya memang benar-benar dibuktikan.

Bertempat di Kantor Kejari Pelalawan, Kasi Pidsus akhirnya melakukan penahanan terhadap mantan Kepala Desa Sei Upih. Penahanan tersebut setelah HU menjalani pemeriksaan berkas dan pemeriksaan kesehatan, sembari didampingi kuasa hukum, ia pun langsung digiring untuk dititipkan di Rutan Sialang Bungkuk.

Kasi Pidsus Kejari Pelalawan, Andre Antonius, SH kepada Lintaskriminal.co.id mengatakan HU terlibat dugaan korupsi Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Anggaran Penggunaan Belanja Desa (APBDes) Sungai Upih, Kecamatan Kuala Kampar Tahun Anggaran 2018.

“Yang bersangkutan sudah kita ditetapkan sebagai tersangka beberapa waktu lalu dan hari ini dilakukan penahanan untuk 20 hari kedepan,” ujar mantan Jaksa Fungsional di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau itu.

Ditambahkannya, HU tersebut dijerat dengan Pasal 2 Ayat (1) jo Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman 5 tahun penjara.

Sedangkan mengenai penahanan itu dilakukan untuk memudahkan proses penyidikan yang dilakukan oleh penyidik, selain itu juga adanya kekhawatiran tersangka akan melarikan diri atau menghilangkan bukti-bukti.

“Penahanan ini kita lakukan untuk memudahkan proses penyidikan,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, penyidik Pidana Khusus telah melakukan penyitaan uang dari tersangka HU sebesar Rp 75 juta dari Rp 900 juta kerugian, kendati demikian penyidik berjanji akan terus mengejar aset milik HU untuk dilakukan penyitaan.

“Apabila tersangka tidak bisa mengembalikan keseluruhan kerugian keuangan negara, maka kita akan terus berupaya mengejar dan menyita aset miliknya hingga kerugian negara bisa dipulihkan,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui selama bertugas di Kejaksaan Negeri Pelalawan lebih kurang 1 tahun 3 bulan selaku Kasi Pidsus, Andre Antonius berhasil mengembalikan kerugian Keuangan Negara lebih dari Rp 1 miliar, uang tersebut merupakan hasil sitaan dari sejumlah tersangka Tipikor di Kabupaten Pelalawan.

Penulis : Yusman

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *